- Keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari layanan kesehatan, didasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan.
- Falsafah Keperawatan: kenyakinan perawat terhadap nilai-nilai keperawatan yang menjadi pedoman dalam memberikan asuhan keperawatan.
- Manusia adalah individu yang unik holistik
- Meningkatkan derajat kesehatan yang optimal
- Kolaborasi dengan tim kesehatan dan pasien/keluarga.
- Proses keperawatan
- Perawat bertanggung jawab dan bertanggung gugat
- Pendidikan keperawatan harus dilaksanakan terus-menerus
- Paradigma keperawatan : Merupakan suatu pandangan global yang dianut oleh perawat yang mengatur hubungan di antara teori guna mengembangkan model konseptual dan teori-teori keperawatan sebagai kerangka kerja keperawatan.
- Unsur paradigma keperawatan
Keperawatan
- Memberikan layanan kesehatan
- Memberikan bantuan yang paripurna dan efektif kepada klien
- Membantu klien (dari level individu hingga masyarakat)
- Melaksanakan intervensi keperawatan :
- Promotif
- Preventif
- Kuratif
- Rehabilitatif
- Manusia sebagai makhluk unik
Mempunyai sifat dan karakteristik yang berbeda - Manusia sebagai sistem adaptif/terbuka
memerlukan berbagai masukan dari subsistem dan suprasistem . - Manusia sebagai makluh holistik
- Manusia sebagai makhluk bio
- Manusia sebagai makhluk psiko
- Manusia sebagai makhluk sosial
- Makhluk sebagai makhluk spiritual
- Kebutuhan aktualisasi diri
- Kebutuhan harga diri
- Kebutuhan cinta dan dicintai
- Kebutuhan keselamatan dan keamanan
- Kebutuhan fisiologis
- Sehat adalah keadaan keseimbangan yang sempurna baik fisik, mental, dan sosial, tidak hanya bebas dari penyakit dan kelemahan (WHO)
- Sehat adalah kemampuan optimal individu untuk menjalankan peran dan tugasnya secara efektif (parson)
- Sehat adalah keadaan sejahtera tubuh, jiwa, sosial, yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis (Undang – Undang Kesehatan RI No.23 Tahun 1992)
- Sakit adalah ketidak seimbangan fungsi normal tubuh manusia, termasuk jumlah sistem biologis dan kondisi kondisi penyesuaian ( parson).
- Sakit adalah adanya gejala, persepsi tentang keadan sakit yang dirasakan, dan kemampuan beraktivitas sehari-hari yang menurun (Bauman).
- Sakit adalah suatu keadaan tidak menyenangkan yang menimpa seseorang sehingga menimbulkan gangguan pada aktivitas jasmani maupun sosial (perkins).
Rentang Sehat – Sakit
Faktor Yang Mempengaruhi Status Kesehatan
Prilaku sehat dipengaruhi oleh faktor
- Pendidikan
- Adat istiadat
- Kepercayaan
- Kebiasaan
- Sosial ekonomi
- Tidak memegang tanggung jawab selama sakit
- Bebas dari tugas dan peran sosial
- Berupaya mencapai kondisi sehat secepat mungkin
- Bersama keluarga mencari bantuan dengan segera
- Perubahan Peran
- Masalah keungan
- Kesepian
- Perubahan kebiasan sosial
Ilmu
Merupakan kumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahui melalui penyelidikan yang sistematis dan terkendali (metode ilmiah).
Karakteristik ilmu :
- Mempercepat rasional sebagai alat untuk memperoleh pengetahuan yang benar
- Mempunyai alur pikir yang logis dan konsisten dengan pengetahuan yang telah ada
- Melalui pengujian empiris sebagai kriteria kebenaran objektif
- Memiliki mekanisme yang terbuka terhadap koreksi
Apakah ilmu keperawatan memenuhi persyaratan untuk eksis sebagai sebuah disiplin ilmu yang mandiri?
- Ilmu keperawatan ditinjau dari sudut filsafat ilmu (philosophy of science)
- Cara pengetahuan diperoleh dan disusun (epistemologi)
- Serta nilai yang terkait dengan pengetahuan (aksiologi)
- Mempunyai pengertian , falsafah , sejarah, tujuan, penerima layanan keperawatan, fokus keperawatan, objek formal, objek materi.
- Objek materia ilmu keperawatan adalah manusia yang tidak dapat berfungsi secara sempurna dalam kaitannya dengan kondisi kesehatan dan proses penyembuhan.
- Titik fokus dalam keperawatan adalah respon manusia terhadap ketidakseimbangan yang dapat ditangani dengan ASKEP.
- Objek formal : bantuan bagi individu dalam proses penyembuhan secara holistik.
Sifat / karakteristik ilmu keperawatan
- Pengetahuan umum(public knowledge)
- Objektif
- Abstraksi
- Konseptual
- Generalisasi
- Kelompok ilmu humaniora, metodologi, hukum dan etika
- Kelompok ilmu alam dasar : biofisika, kimia, biologi
- Kelompok ilmu perilaku yang mencakup psikologi
- Kelompok ilmu sosial : sosiologi, antropologi,demografi dan politik
- Kelompok ilmu biomedik : anatomi, fisiologi, biokimia, patofisiologi, farmako dll
- Kelompok ilmu kesehatan masyarakat
- Kelompok ilmu kedokteran klinik : penyakit syaraf, kulit dll
- Aplikasi asas moral dari ilmu keperawatan adalah tanggung jawab profesional terhadap klien , masyarakat dan Tuhan YME.
- Asas moral yang terkandung dalam ilmu keperawatan dimanifestasikan kedalam kode etik keperwatan
- Kode etik keperawatan : asas/moral tertulis yang harus dijadikan pedoman/prinsip bagi setiap perawat dalam berinteraksi dengan klien agar perilaku perawat tetap dalam koridor kebenaran.
- Perawat dan klien
- perawat dalam memberikan layanan keperawatan menghargai harkat dan martabat manusia
- Perawat dalam memberikan layanan keperawatan senantiasa memelihara seasana lingkungan yg menghargai nilai-nilai budaya
- Tanggung jawab utama perawat adalah mereka yang membutuhkan ASKEP
- Perawat wajib merahasiakan segala sesuatu yg diketahui dgn tugas yg dipercayakan kepadanya
- Perawat dan praktik
- Perawat dan masyarakat
- Perawat memelihara dan meningkatkan kompetensi di bidang keperawatan
- Perawat senantiasa memelihara mutu layanan keperawatan yang tinggi dan profesional
- Perawat menbuat keputusan berdasarkan informasi yang adekuat
- Perawat senantiasa menjungjung tinggi nama baik profesi keperawatan
- Perawat dan masyarakat
Perawat mengembang tanggung jawab bersama masyarakat untuk memprakarsai dan mendukung berbagai kegiatan kebutuhan kesehatan masyarakat - Perawat dan rekan sejawat
- Perawat senantiasa memelihara hubungan baik dgn sesama perwat maupun tenaga kesehatan lain
- Perawat bertindak melindungi klien dari tenaga kesehatan yang memberi layanan yang tidak kompeten, tidak etis, dan ilegal
- Perawat dan profesi
-
- Perawat mempunyai peran penting dlm menentukan standar pendidikan dan layanan keperawatan
- Perawat berperan aktif dalam berbagai kegiatan pengembangan profesi keperawatan
- Perawat berpartisipasi aktif dalam upaya profesi untuk membangun dan memelihara kondisi kerja yg kondusif demi terwujudnya ASKEP yg bermutu tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar